browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Tower of London dan Kisah Baju Besi Raja

Posted by Rizka Maydita on November 29, 2011

 

Tower of London adalah tempat tinggal yang dipakai raja-raja Inggris di abad pertengahan. Selain sebagai benteng, bangunan yang didirikan sekitar tahun 1066 ini juga dipakai sebagai penjara dan tempat untuk menyiksa serta mengeksekusi para tahanan.

Di tempat inilah rasa ingin tahu Saya tentang ksatria berkuda dan baju besi mereka akhirnya terpuaskan. Maklum, dari dulu Saya paling penasaran dengan baju metalik yang dipakai pasukan Inggris di masa lalu.

Dari yang sering Saya lihat di film-film tentang kerajaan, baju besi para ksatria itu kesannya kokoh, misterius, tapi juga antik. Dari Tower of London dikisahkan bahwa baju pelindung pertama dibuat dari bahan perak sekitar tahun 1515 untuk memperingati pernikahan Raja Henry VIII dengan Katherine of Aragon.

Dibuatnya di daerah Greenwich, sebelah tenggara kota London, tempat Raja Henry VIII dilahirkan. Greenwich memang menjadi tempat tinggal raja dan ratu Inggris sekitar abad ke-15.

 

 

Sekitar 500 tahun yang lalu, penggunaan baju besi sebagai pelindung sangat populer dikalangan raja dan pasukan Inggris ketika turnamen jousting, atau adu tombak berkuda berlangsung. Baju pelindung ini juga dimaksudkan untuk melindungi diri dari sabetan pedang, tusukan tombak, dan anak panah.

Ketika Henry VIII berkuasa, baju pelindung ini ikut andil dalam kemenangan pasukan Inggris atas Perancis di tahun 1544. Pada masa itu, bukan hanya pasukan Inggris yang bertempur dengan mengenakan baju besi, tetapi juga kuda-kuda mereka yang terjun di medan perang.

Namun keistimewaan baju pelindung mulai memudar di tahun 1686, saat penggunaan pistol dan senapan mulai menggantikan pedang, tombak, dan busur panah sebagai senjata perang.

Di tempat ini, semua pengunjung termasuk anak-anak bisa melihat berbagai koleksi baju pelindung yang dipakai raja-raja Inggris, lengkap dengan beraneka tombak, senapan, kapak, dan pedang yang mereka pakai saat masih berkuasa.

 

Cerita selengkapnya kini hadir di buku “London dalam Sepekan: Wisata Sepak Bola, Kuliner, Belanja, dan Gratisan” oleh Rizka Maydita, terbitan Gramedia Pustaka Utama, Oktober 2012.

Beli buku online di BukaBuku.com dan dapatkan diskon 15% sekarang !.

Share

8 Responses to Tower of London dan Kisah Baju Besi Raja

  1. Zufria Rahma

    Hallo Mbak,

    Salam kenal ;) nice story and blog …

  2. liza

    Halo mbak, kalo jalan-jalan di London cuma 2 hari full tambah setengah hari, cukup tidak ya?

    • Rizka Maydita

      Kalau naik bis hop on hop off dan cuma utk foto2 di obyek wisata cukup, tp kl brner2 mo keliling minimal 4 hr lah..

  3. liza

    o gitu…..cuaca paling baik buat jalan ke sana bulan apa ya mbak? ( yg tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas juga )

  4. dani ramdani

    klo biaya ke inggris kira2nya berapa ya mba?
    trus hotel yang murah mba hehehehe…

    sekedar berbagi info untuk temen – temen yang akan berwisata Bandung klik http://www.bandungreview.com

    • Rizka Maydita

      Tiket PP sekitar US$950 an. Info harga hotel bisa di lihat di situs agoda.web.id, dengan mengetik lokasi London di mesin pencarinya. Atau ke hotelscombined.com karena di situs ini bisa lihat hotel paling murah yang ditawarkan Agoda, Booking.co.id, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>