browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Top 3 Museum di London

Posted by Rizka Maydita on September 24, 2011

 

Sisa Kejayaan Romawi di British Museum

London terkenal sebagai salah satu kota termahal di dunia. Tapi berkunjung ke berbagai museum yang ada di kota ini sebagian besar tidak dipungut biaya.

Mungkin banyak orang yang masih mengidentikkan museum dengan tempat berdebu, guna menyimpan benda-benda jaman dulu. Bagi mereka, museum mungkin bukanlah tempat yang menarik.

Tapi di London, selain bikin jalan-jalan makin hemat, mengunjungi museum di kota ini dijamin menggugah inspirasi, imajinasi, dan wawasan para pengunjugnya.

Betapa tidak, koleksi peninggalan bersejarah ini semuanya ditata dengan apik dalam kotak-kotak kaca transparan, sehingga semua pengunjung bisa melihatnya.

Ditambah lagi adanya keterangan lengkap yang menyertai penemuan benda-benda zaman purbakala tersebut. Kadang keterangan ini berbentuk kisah singkat yang memudahkan pengunjung untuk hanyut dalam cerita, seolah-olah mereka turut diajak menjelajah dunia di masa lampau saat benda-benda itu ditemukan.

Selain terkenal dengan koleksinya, museum-museum di London juga terkenal karena bertempat di dalam bangunan dengan keindahan arsitektur kuno yang masih terawat dengan baik. Berikut tiga museum di London yang wajib dikunjungi:

 

Sisa Kejayaan Mesir Kuno di British Museum

 

1. British Museum

Koleksi berbagai peninggalan bersejarah dari era Mesir kuno, kekaisaran Romawi, sampai imperialisme Cina disimpan dalam kotak-kotak kaca transparan di museum ini. Tidak ketinggalan benda-benda purbakala dan reruntuhan dari jaman kejayaan peradaban Islam di Timur tengah, suku Inca di Amerika, hingga artefak dari kerajaan di Indonesia.

Di museum inilah Saya akhirnya bisa melihat indahnya ukiran patung dewa-dewi Yunani dan Romawi yang masih terawat dengan baik, padahal patung-patung ini ditemukan sejak era Byzantium beratus tahun yang lalu. Betapa detailnya bentuk pahatan yang dihasilkan mulai dari ujung kepala, sampai liukan pinggang dan jari kaki.

 

Patung Dewa Yunani

 

Cerita selengkapnya kini hadir di buku “London dalam Sepekan: Wisata Sepak Bola, Kuliner, Belanja, dan Gratisan” oleh Rizka Maydita, terbitan Gramedia Pustaka Utama, Oktober 2012.

Beli buku online di BukaBuku.com dan dapatkan diskon 15% sekarang !.

Share

4 Responses to Top 3 Museum di London

  1. citra

    Iyaaa betull.. gw suka ketiga museum inii… Wisata yang asik dan hemat :) Jangan lupa mampir museum shop dongs sebelum pulang, hihihi.

  2. Amir

    Saya ada rencana ke British Museum, berapa lama waktu yg diperlukan utk explore 1 museum itu ya? Dan bolehkah kita berfoto di dalamnya? Karena saya baca di beberapa website, berfoto di dalam museum dilarang keras. Terima kasih

    • Rizka Maydita

      Kalau suka baca2 sejarah, perlu dua hari untuk keliling museum. Foto2 ada bagian yang boleh dan ada yang tidak. Tapi sebagian besar boleh. Enjoy ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>