browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Perpustakaan Yang Meminjamkan Mainan

Posted by Rizka Maydita on September 16, 2011

Perpustakaan Meminjamkan Mainan

Hari Sabtu memang hari yang sangat dinanti Delfin. Pagi-pagi dia sudah bangun sendiri, lalu perlahan-lahan membuka pintu masuk ke kamar papa mamanya. “Good Morning.” sapanya. “Let’s go to Toy Library.” ajak Delfin kepada orang tuanya sambil menggandeng tangan mamanya untuk segera beranjak keluar kamar.

Bagi kami yang saat ini tinggal di Wentworthville, Sydney, Australia, kehadiran Toy Library atau perpustakaan yang meminjamkan mainan di dekat rumah menjadi tempat yang setiap akhir pekan kami kunjungi. Maklum, Saya dan suami bekerja dari Senin sampai Jumat. Jadi hanya Sabtu kami bisa berkunjung ke perpustakaan, karena hari Minggu tempat ini tidak buka.

Perpustakaan mainan ini merupakan bagian dari Perpustakaan Wentworthville yang juga menyediakan buku, majalah, dan  koleksi audio video segala umur. Di sini semua mainan gratis untuk dipinjam. Syaratnya hanya menjadi anggota dengan biaya sekitar 250 ribu rupiah per tahun.

Satu anggota dapat meminjam maksimal dua mainan selama dua minggu. Jangka waktu peminjaman bisa diperpanjang jika tidak ada anggota lain yang membutuhkan mainan tersebut.

 

Perpustakaan Yang Meminjamkan Mainan

Beragam Koleksi

Bagi Delfin yang baru berusia 2 tahun, berkunjung ke perpustakaan ini layaknya jalan-jalan ke toko mainan. Mulai dari perosotan, papan jungkit, ring basket beserta bola, sampai puzzle dan lego  ada disini.

Belum lagi beragam mobil dan rumah boneka yang hampir setiap minggu kami pinjam dan kembalikan. Bukan hanya Delfin yang senang berlari kesana-kemari memilih mainan yang dia suka.

Dalam hati, Saya juga senang karena bisa hemat biaya. Betapa tidak, dengan sekitar 250 rupiah setahun, Saya bisa meminjam mainan yang beraneka ragam setiap minggunya. Semua mainan di perpustakaan ini dikelompokkan dalam rak-rak untuk memudahkan memilih.

Bagian mainan aktifitas biasanya berisi mobil-mobilan, papan jungkit, perosotan, serta alat-alat olahraga sepeti basket, golf, dan sepak bola. Sementara mainan edukasi banyak berisi lego, puzzle, permainan huruf dan angka, menggambar, dan mewarnai.

Perpustakaan ini bisa dikatakan membantu para orang tua yang anak-anaknya cepat bosan dengan mainan. Daripada menumpuk mainan di rumah, lebih baik pinjam. Mainannya bisa berbeda-beda  pula setiap minggunya.

Kalau si Anak benar-benar suka dengan mainan tertentu, baru bisa berpikir untuk dibelikan kemudian. Kalau tidak ingin beli, ya bisa dipinjam lagi dari perpustakaan.

Yang harus hati-hati adalah saat mengambalikan mainan ke perpustakaan. Kami harus memastikan mainan dalam keadaan bersih dan tidak ada satu bagian pun yang hilang. Kalau sampai kotor dan ada yang hilang, kami bisa didenda seharga mainan tersebut.

Mainan-mainan ini juga harus langsung dibawa pulang. Jadi tidak boleh dimainkan di dalam perpustakaan agar tidak mengganggu pengunjung lainnya.

 

Beragam Aktifitas

Selain menyediakan mainan, perpustakaan ini juga menyelenggarakan program mendongeng dan prakarya untuk anak. Biasanya ada sekitar 4 buku yang dibacakan dengan diselingi tari dan menyanyi bersama.

Selesai membaca, anak-anak dapat mengikuti kegiatan prakarya. Sang pustakawan akan membagikan gunting, kertas, pesil warna, dan lem perekat kepada setiap anak. Ia kemudian memberikan contoh membuat prakarya sekaligus menemani mereka saat berkreasi.

Ide perpustakaan mainan ini harusnya bisa banyak ditiru di Indonesia. Selain mengajar anak untuk berkunjung ke perpustakaan, sekaligus menarik minat mereka untuk belajar dan bermain bersama.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>