browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ke Peternakan di Sydney, Yuk…

Posted by Rizka Maydita on September 16, 2011

 

Memberi Makan Ternak

 

Melewatkan liburan di pusat perbelanjaan, mungkin membosankan. Nah, bila ingin mencoba melewatkannya dengan cara yang unik dan beda, mungkin wisata ke peternakan Calmsley Hill di Abbotsbury, Australia bisa dicoba. Di sini pengunjung bisa menemui binatang khas Australia, kanguru dan koala, serta hewan ternak seperti domba, sapi, dan ayam. Tak hanya itu, di tempat ini para pengunjung bisa ikut terlibat mengurusi hewan-hewan ternak dan memberi makan ternak secara langsung.

 

Bermain di Kandang Ternak

 

Kalau ingin memberi makan hewan ternak, pengunjung bisa membeli pakan khusus ternak dengan harga 1 dolar  Australia per bungkus. Makanan ini bisa diberikan ke hampir semua hewan, seperti domba dan kuda. Pengunjung juga bisa menyaksikan langsung berbagai acara, seperti pemotongan bulu biri-biri, serta bagaimana seekor anjing berusaha menggiring domba-domba kembali ke kandang. Bahkan, jika penasaran, kita juga bisa ikut memerah susu sapi. Ini adalah aktivitas pertama yang bisa dilakukan setelah peternakan dibuka tepat pukul 09.00 pagi.

 

Memerah Susu Sapi

 

Namanya peternakan, pasti belum lengkap tanpa traktor. Di sini, semua orang bisa ikut naik traktor keliling peternakan yang jalannya berbukit-bukit. Ini tentu saja dengan biaya ekstra, yakni sebesar 3 dolar Australia. Tapi, dijamin asyik sekali karena seakan-akan kita dibuat merasa jadi petani ternak di Australia.

 

Keliling Peternakan Dengan Traktor

 

Bagai Oase di Tengah Kota

Lokasi peternakan ini ada di dalam lokasi perumahan. Luas lahannya sekitar 200 hektare. Lahan parkirnya luas dengan banyaknya pepohonan yang ditata rimbun. Saat Olimpiade Sydney 2000 silam, tempat ini menjadi tempat ajang balap sepeda gunung. Untuk masuk ke peternakan ini, dipungut biaya 20 dolar Australia atau sekitar Rp180.000. Kalau sudah puas mencoba jadi peternak, pengunjung bisa bermain di kandang kangguru.

 

Bermain Dengan Kangguru

Ada puluhan kangguru, mulai yang balita hingga dewasa dilepas bebas. Hewan ini tidak berbahaya meski kita tetap harus hati-hati untuk tidak mengganggunya. Keluar kandang kangguru, pengunjung dapat jalan-jalan di sekitar danau buatan yang ditata apik sebagai tempat melepas lelah. Di sekitar danau dibuat kursi-kursi taman, jembatan kayu, hingga perlengkapan untuk BBQ atau panggang-panggang khas makanan orang Australia.

Kalau di negara-negara Barat pada bulan Mei berarti musim semi, di Australia justru kebalikannya. Mei berarti musim gugur menjelang dingin. Daun-daun menguning yang berjatuhan menambah cantik tempat yang sudah asri ini. Sambil melepas lelah di tepi danau dan sambil menyantap daging panggang, tentu kalau sudah begini, malas rasanya untuk pulang ke rumah. Jadi, siapa bilang jalan-jalan ke peternakan itu ketinggalan zaman?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>